Risoles Isi Ragout Kentang


Perhatian dan rasa sayang kepada anggota keluarga dapat melalui berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan asupan gizi yang baik bagi tubuh. Menurut saya menyajikan makanan yang dibuat sendiri di rumah dapat mengawasi kebutuhan gizi bagi mereka dibandingkan jika kita membeli makanan yang sudah jadi di luar rumah.


Ide saya kali ini adalah membuatkan mereka risoles. Namun risoles yang saya buat ini agak berbeda dari biasanya. Saya ingin agar risoles yang saya buat dapat membantu meningkatkan gizi keluarga terutama bagi anak-anak saya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tentunya mereka membutuhkan zat-zat dan vitamin yang lebih banyak.

Saya memilih membuat risoles yang diisi dengan ragout kentang karena rasa menjadi lebih enak dan sekaligus lebih menyehatkan. Risoles ini cocok pula diberikan kepada putra-putri Anda untuk sarapan di pagi hari, bekal ke sekolah ataupun untuk kudapan di sore hari.

Bagi Anda dan putra-putri Anda yang ingin menambah berat badan bisa mengkonsumsi kentang karena dalam kentang kaya akan karbohidrat dan rendah protein, selain itu terdapat vitamin  C dan B komplek yang penting untuk penyerapan karbohidrat.

Khasiat lainnya adalah sebagai obat alami bagi penderita maag.  Salah satu zat di dalam kentang (antropine) dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi rasa sakit pada lambung.

Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C di dalam kentang tidak hilang setelah dimasak karena dikelilingi oleh sari pati. Cukup bergizi bukan?
Mari kita simak cara membuatnya.

Bahan Kulit : (untuk 30 buah)
4 butir telur
300 gram tepung terigu
800 cc susu cair
1 sendok teh garam

Bahan Isi :
1 buah bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang/daun seledri, iris tipis
250 gram filet dada ayam, potong dadu
100 gram wortel, potong dadu
250 cc susu cair low fat
60 gr mentega untuk menumis
3/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok makan tepung terigu
2 bh kentang ukuran sedang
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir

Melapis kulit :
2 butir telur, kocok lepas
200 gram tepung parnir

Cara Membuat:
-   Kulit : 
Campurkan telur, susu, dan garam, lalu buat lubang ditengah2 tepung terigu, masukkan campuran telur, susu dan garam sedikit-sedikit, aduk hingga rata dan halus, lalu dadar tipis dengan diameter sekitar 20 cm. Gunakan permukaan bawah dari sendok sup untuk membentuk dadar yang tipis, merata dan bulat. Buatlah menjadi 30 lembar. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan wajan anti lengket yang diolesi sedikit minyak di seluruh permukaannya.

-   Isi:
1.    Potong-potong wortel, daun bawang, filet dada ayam, taruh dalam mangkuk. Rebus kentang, haluskan dengan garpu. Sisihkan. Siapkan pula susu cair low fat dalam gelas.
2.    Kemudian tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan daging ayam dan wortel, aduk rata sampai daging berubah warna dan harum.
3.    Tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu, kentang, susu, garam, merica bubuk, gula, pala bubuk, aduk rata dan masak hingga matang dan kental. Koreksi rasa dan kekentalannya. Jika terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit susu cair low fat.
4.    Isikan 1 sdm adonan isi dalam tiap lembar kulit dadar, bungkus bentuk amplop, rekatkan dengan cairan terigu, lalu celupkan pada kocokan telur yang telah dicampur dengan sedikit air, angkat. Gulingkan pada tepung panir, sampai seluruh permukaan terkena tepung panir. Simpan 1 jam dalam kulkas agar tepung panir menempel sempurna. Kemudian goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan. Sajikan.

Catatan : Jika bahan untuk melapisi kulit tidak mencukupi, Anda bisa membuatnya lagi sampai bahan selesai diberi tepung panir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar