What We Can Cook: Balado Tahu Sambal Korea



Hampir setiap hari saya menonton artis Korea makan di meja makan, menyantap makanan dengan lahapnya. Banyak sekali menu yang menggunakan cabe merah. Sempat terpikir juga bahwa mereka tahan sekali dengan makanan yang pedas-pedas seperti itu tanpa terlihat kepedasan. Saya sangat penasaran dengan bahan yang mereka gunakan untuk memasak dan sekali-sekali ingin mencoba juga membuat menu yang lain dari biasanya.


Ketika mengunjungi hypermart, saya sempat mencari-cari bahan dari cabe di lorong yang menjual bumbu-bumbu khusus ala Korea. Saya menemukan saus sambal Korea. Ya, mungkin saus ini yang mereka gunakan. Harganya agak mahal tetapi kemasan cukup besar untuk digunakan beberapa kali masak. Saya mau mencobanya.

Setelah kemasan dibuka, saya segera mencicipinya sedikit. Saus sambal tersebut ternyata rasanya tidak terlalu pedas meskipun warnanya merah membara. Cukup enak dan ada sedikit rasa taoco. Sepertinya saus sambal ini diproses dengan cara fermentasi agar awet.

Belum terpikir oleh saya akan dimasak apa dengan menggunakan saus sambal ala Korea ini. Akhirnya saya simpan saja di dalam kulkas. Siapa tahu saya akan menemukan ide akan dimasak apa bumbu tersebut.

Beberapa hari kemudian ketika saya ke pasar, rasanya saya ingin memasak berbahan tahu saja karena agak bosan makan daging. Saya ingat di kulkas ada saus sambal Korea. Apa mungkin bisa dibuat tahu balado? Mungkin bisa, pikir saya. Akhirnya saya membeli tahu putih ukuran kecil seharga Rp.6000,- isi 10 buah. Hmmm…… saya akan mencoba membuatnya di rumah.

Saya akan membagikan resepnya untuk Anda dari hasil ide saya ini. Membuatnya cukup mudah. Hanya menambahkan bumbu yang ada di dalam kulkas seperti cabe merah dan bawang merah. Mari kita simak bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan :

10 buah tahu putih ukuran sedang
3 siung bawang merah
3 buah cabe merah keriting
1 sdm saus sambal Korea
1 sdt kecap manis
1 sdt garam dapur
½ sdt gula pasir
100 ml air mineral
1 sdt minyak goreng untuk menumis
1 sdm minyak goreng untuk menggoreng tahu
1 lembar daun salam
1 batang sereh
1 cm lengkuas


Cara membuatnya :
1.    Haluskan bawang merah, cabe merah, gula dan garam
2.    Potong tahu diagonal, tebal sekitar 0,5 cm. Goreng sampai kulit agak kering. Tiriskan dalam piring dengan alas tisu makan untuk menyerap minyak berlebih. Sisihkan.
3.    Panaskan wajan, beri minyak goreng. Tunggu sampai minyak panas. Tumis bumbu halus sampai layu dan berbau harum. Tambahkan salam, sereh,lengkuas dan saus sambal Korea. Aduk perlahan. Beri air mineral.
4.    Tambahkan kecap manis, aduk sampai air agak kental. Koreksi rasanya. Masukkan tahu yang sudah digoreng. Aduk merata dengan api kecil. Tunggu beberapa menit sampai seluruh tahu terbalut dengan saus. Sajikan.

1 komentar:

  1. halo Uii, salam kenal. Seya merasa tersanjung dan senang sekali mendapat kunjungan dari mahasiswa kedokteran. Saya minta masukannya juga dari kamu tentang artikel-artikel yang saya buat disini.

    sukses selalu ya!

    BalasHapus