Ini Dia 13 Dasar Gizi Seimbang



http://www.childrenshealthyfood.com/healthy-food-schools/pics/healthy-foods/selection-of-healthy-foods.jpg 
Anda ingin hidup sehat? Jika, ya, silahkan Anda mengikuti 13 prinsip dasar gizi seimbang agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. 

 1)       Makanlah aneka ragam makanan yang terdiri dari : Zat tenaga, Zat Pembangun, Zat pengatur .

2)       Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. Konsumsi energi berlebihan/ melebihi kecukupan akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan dalam tubuh dalam bentuk lemak atau jaringan lain. Kelebihan cadangan dalam bentuk lemak dalam tubuh mengakibatkan kegemukan disertai berbagai gangguan kesehatan. Sedangkan apabila konsumsi energi kurang, energi dalam tubuh akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut, sehingga terkadang mengakibatkan menurunnya produtivitas kerja, merosotnya prestasi belajar , dan olah raga.

3)       Makanlah sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi

4)       Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berfungsi untuk :meningkatkan jumlah energimembantu penyerapan vitamin-vitamin(A, D, E, dan K), menambah lezatnya hidanganKonsumsi lemak dan minyak paling sedikit 10% (2 sdt/hr) dari kebutuhan energi dan tidak lebih dari 25% dari kebutuhan energi. Lebih baik menggunakan lemak dan minyak nabati, karena mudah dicerna oleh tubuh, selain itu kurangi konsumsi makanan bersantan dan yang digoreng
 
5)       Gunakan garam beriodium. Garam beriodium adalah garam yang telah diperkaya dengan KIO3 (Kalium iodat) sebanyak 30-80 ppmDianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per orang per hari atau satu sendok teh setiap hari

6)       Makanlah makanan sumber zat besi. Kekurangan zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan akan mengakibatkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal dengan masyarakat sebagai penyakit kurang darah

7)       Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan. ASI merupakan anugrah yang diberikan Tuhan dan makanan terbaik bagi bayi. Terdapat 3 aspek kelebihan pemberian ASI, yaitu: aspek gizi, kekebalan, dan kejiwaan. Berikan ASI sesegera mungkin setelah dilahirkan (30 menit setelah melahirkan) merangsang produksi ASI selanjutnya.

8)       Biasakan makan pagi. Manfaat makan pagi bagi orang dewasa adalah memelihara ketahanan fisik, mempertahankadaya tahan saat bekerja dan meningkatkanproduktivitas kerja. Bagi anak sekolah ,makan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran, sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik. (Setidaknya setiap tiga atau empat jam, makanlah dalam porsi kecil).

9)       Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya. Air dalam tubuh memiliki fungsi : melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral, mengatur suhu tubuh, melancarkan dalam proses buang air besar dan kecil. Air yang dikonsumsi seseorang, terutama air minum, sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Mengkonsumsi cukup cairan dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, dan dapat menurunkan risiko penyakit batu ginjal.

 10)   Lakukan kegiatan fisik dan olah raga.  Kegiatan fisik dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuaan

11)   Hindari minuman beralkohol. Akibat mengkonsumsi alcohol secara berlebihan diantaranya,: terhambatnya proses penyerapan gizi, hilangnya zat-zat gizi yang penting, meskipun orang tersebut mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup, kurang gizi, penyakit gangguan hati,kerusakan saraf otak dan jaringan.

12)   Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. Makanan yang AMAN adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya, serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat
 
13)   Bacalah label pada makanan yang dikemas. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam label makanan , diantannya: nama produk, sertifikasi halal, informasi gizi, komposisi & identifikasi produk.

1 komentar:

  1. menu sehat dan hemat di atas nampaknya sangat baik untuk memperbaiki asupan gizi keluarga dan menjaga pola makan sehat serta nutrisi seimbang. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus