Baso Goreng Ikan Tenggiri


Ikan Tenggiri merupakan salah satu ikan berdaging putih yang disukai oleh banyak orang karena rasa dagingnya yang enak (gurih), memiliki aroma yang khas dan tidak bersisik kecuali gurat sisi yang kecil-kecil. Selain itu kandungan gizinya tinggi. 

Kandungan protein ikan filetnya 16% - 21%, yang artinya ikan tenggiri kaya asam amino esensial yang dapat menghambat pertumbuhan virus, bahan dasar antibody darah, memperkuat sistim sirkulasi darah, dan mempertahankan pertumbuhan sel-sel darah normal.

Selain itu ikan tenggiri mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah. Hal ini akan mengurangi risiko terkena jantung koroner. Asam lemak ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. 

Agar Baso Goreng yang dihasilkan lebih sehat sebaiknya menggunakan minyak goreng yang masih baru. Dan ketika sudah matang, beri tisu di alas piring saji untuk menyerap minyak berlebih. Mari kita simak cara membuatnya. Pasti keluarga Anda akan ketagihan.

Bahan-bahan :

1/2 kg filet ikan tenggiri, haluskan
4 sdm Tepung tapioka sagu tani atau secukupnya
2 butir telur
100 ml air mineral atau secukupnya
merica secukupnya
garam secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :

1.    Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan 2 butir telur. Aduk rata sampai daging ikan menjadi sangat halus
2.    Tambahkan tepung tapioka bersamaan dengan air mineral sedikit demi sedikit
3.    Aduk sampai rata dan terllihat kental namun tidak keras
4.    Beri garam dan merica, koreksi rasanya
5.    Panaskan minyak goreng. Goreng adonan satu persatu menggunakan sendok makan sampai adonan habis.
6.    Sajikan dengan menggunakan mustard atau sambal botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar