Manfaat Jeruk Nipis dan Jeruk Limo pada Makanan


Kedua jenis jeruk ini sudah sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi jika Anda gemar memasak, tentunya akan selalu tersedia dalam tempat bumbu.

Namun terkadang ada beberapa orang yang bingung membedakan antara Jeruk Nipis dan Jeruk Limo. Memang bentuknya hampir serupa. Namun jika Anda teliti lebih jauh lagi, mereka berbeda.

Mari kita amati perbedaannya. Jeruk nipis bentuknya lebih bulat, permukaan kulit lebih licin, warna hijau sampai kekuningan dan ukurannya lebih besar (+/- 3 s/d 6 cm). Sedangkan jeruk limo bentuk sama bulat namun warnanya hijau tua. Pemukaannya lebih kasar dan ukuran 0.5 kali lebih kecil dari Jeruk Nipis. Harganyapun lebih mahal dari Jeruk Nipis.

Untuk lebih mudah mengingatkan Anda, marilah kita telusuri beberapa makanan yang menggunakan kedua jeruk ini. Jika anda penggemar Soto, biasanya penjual menyertakan bahan pelengkap berupa kecap manis, sambal dan Jeruk Nipis. Lain halnya jika kita membeli misalnya Ayam Bakar, Siomay atau Sate Ayam. Biasanya penjual menyertakan bahan pelengkap berupa Jeruk Limo.

Penggunaan kedua jeruk ini pada makanan berbeda. Jeruk Nipis digunakan pada makanan untuk memberikan rasa asam sebagai pengganti cuka berbahan kimia dan digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan mentah dan ayam mentah. Jika Ikan dan Ayam digoreng, hasilnya akan lebih renyah dan garing. Sedangkan Jeruk Limo digunakan untuk memberi bau aromatik jeruk segar yang dapat menambah selera makan.

Khususnya Jeruk Nipis mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan Jeruk Limo. Dalam pengobatan herbal, Jeruk Nipis biasanya dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, obat jerawat  mengencangkan perut sehabis melahirkan sampai menyembuhkan radang tenggorokan.

1 komentar:

  1. Jual jeruk limo untuk daerah bandung dan jakarta min 100kg. harga 15.000/kg langsung dari petani sumedang, hub. 081221415838 (dede hermawan) trims.

    BalasHapus