Memilih Daging Ayam Segar

Salah satu bahan baku makanan yang sering digunakan adalah daging ayam boiler. Namun apakah Anda mengetahui perbedaan antara daging ayam yang segar dengan yang tidak?



Ayam yang sudah lama ukuran mengecil yang menandakan unsur air sudah berkurang. Warna kusam dan kebiru-biruan, daging tidak mengkilat dan kenyal lagi.  Ini berarti ada perubahan kimia ketika ayam tersebut disimpan di dalam freezer.


Ayam ini jika dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan akan cepat membusuk dan berbau bangkai karena sebelum sampai ke tangan pembeli, ayam tersebut sudah lebih lama tersimpan dalam keadaan beku di freezer hypermarket.

Memasak ayam dalam kondisi seperti ini akan mengurangi rasa asli dari ayam tersebut. Sebaiknya ayam dibuang saja untuk menghindari terjadinya kontaminasi yang dapat merugikan kostumer seperti adanya bakteri E.coli dan salmonela yang mematikan.

Berlainan dengan ayam yang baru saja dibeli di tukang ayam. Ayam terlihat segar dengan daging yang berwarna merah muda dan mengkilap. Ayam baru, bisa saja dipotong jam 3 pagi, dan jam 10 pagi sudah sampai ke tangan pembeli. Dalam kondisi yang baik, ayam bisa dimasak sesuai keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar