Lumpia Goreng Sehat dan Murah

Tidak bisa dipungkiri jika gorengan yang dibeli di pinggir jalan itu enak rasanya. Namun tidak jika Anda mendengarkan kisah ini.

Ketika sebut saja Budi, salah seorang teman, bercerita bahwa dirinya baru keluar dari rumah sakit setelah habis operasi kandung empedu. “Gejalanya mengerikan, bu”, ujarnya. “Saya sulit sekali buang air kecil dan tubuh saya tampak kehitaman. 

Dokter memberitahukan bahwa saya terlalu banyak makan gorengan. Memang benar, Bu saya setiap pagi membeli gorengan untuk sarapan pagi. Praktis dan mengenyangkan.”

Ceritanya sungguh mengerikan. Bagaimana menjelaskan keterkaitan di atas dengan gorengan.

Faktanya adalah, makanan sejuta umat tersebut oleh pedagang pinggir jalan tidak jarang digoreng dengan minyak yang sudah menghitam, rasa nikmatnya tidak sepenuhnya dihasilkan oleh racikan bumbu melainkan penyedap.

Namun bagi Anda penggemar gorengan bisa mencari alternatif dengan membuatnya sendiri di rumah. Jadi Anda bisa memastikan minyak digunakan masih bening, sehingga hasilnya akan lebih aman dikonsumsi. Selain aman, gorengan buatan sendiri akan lebih murah. Hal ini menghemat uang belanja Anda.

Mari kita coba kalkulasi harga jika membuat gorengan sendiri di rumah. Dalam hal ini saya memilih membuat lumpia sehat tanpa tambahan bahan penyedap atau MSG.

20 lembar kulit lumpia Rp. 4000,-
Toge Rp. 1000,-
1 ons daging sapi giling Rp. 7000,-
1 siung bawang putih +/- Rp. 50,-
½ liter minyak goreng Rp. 5500,-
Total Rp. 18.000,-
Jadi 1 buah lumpia goreng buatan sendiri yang lebih sehat berharga Rp.18000,- : 20 = Rp. 900,-.
Cukup murah bukan?

Bahan :
20 lembar kulit lumpia
1 ons Toge
1 ons daging sapi giling
1 siung bawang putih, digerus halus
½ liter minyak goreng, ambil 1 sdm untuk menumis
Merica, garam secukupnya.

Cara membuat :
1.    Panaskan wajan, beri 1 sdm minyak goreng. Diamkan sampai minyak panas. Masukkan bawang putih yang sudah digerus halus. Aduk sampai harum dan berwarna kekuningan. Kemudian masukan daging sapi giling. Aduk kembali sampai berubah warna. Setelah itu masukkan toge dan bumbu lainnya. Aduk sampai toge layu. Koreksi rasanya.
2.    Siapkan kulit lumpia. Bagi isi menjadi 20 bagian. Masing-masing tuangkan untuk setiap lembar kulit lumpia.
3.    Lipat secara memanjang, rekatkan ujungnya dengan air atau dengan sedikit terigu yang sudah dicairkan. Goreng dalam minyak panas dan api sedang.
4.    Tempatkan lumpia goreng dalam piring yang sudah diberi tisu untuk menyerap minyak berlebih. Sajikan bersama sambal cuka atau cabe rawit yang sudah dicuci bersih dengan air mineral.

1 komentar:

  1. Lunpia Goreng Sehat dan Murah
    Klik di : http://bandengdunak.blogspot.com/

    BalasHapus