Oseng-Oseng Labu Siam



Labu Siam adalah sayuran yang mudah diperoleh, bahkan mungkin menjadi sayuran favorit bagi Anda.  Meskipun bentuknya tidak indah namun rasanya enak dan memiliki nilai tambah bagi kesehatan.

Labu siam yang dijual di pasar ada tiga jenis. Yang pertama berukuran besar dengan kulit hijau muda, yang kedua berukuran besar dengan kulit hijau tua dan yang ke tiga berukuran kecil (dipanen waktu masih sangat muda). Dari segi rasa Labu Siam jenis kedua dan ketiga dan lebih enak dan terasa garing jika digigit dibandingkan jenis pertama.
 
Harga ketiga jenis ini relatif sama. Dua buah labu siam besar atau enam buah labu siam kecil bisa Anda bayar dengan Rp. 1500,-( 8/12). Cukup murah bukan?

Selain itu Labu Siam mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi manusia seperti merupakan makanan sehat untuk jantung, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, menangkal kanker dan baik untuk wanita hamil.

Banyak sekali menu masakan yang dapat kita buat dengan sayuran Labu Siam seperti dibuat gado-gado, bakwan goreng, sayur asem, sayur lodeh ataupun hanya berupa oseng-oseng. Untuk kali ini saya akan menampilkan menu Oseng-oseng Labu Siam Sehat sebagai teman ketika Anda makan ketupat Lebaran.

Oseng-oseng Labu Siam Sehat

Bahan :
4 buah labu siam ukuran kecil
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
2 lembar daun salam
½ jempol lengkuas, memarkan
100 ml susu putih low fat
100 ml air mineral untuk kuah
100 ml air mineral untuk merendam potongan labu siam
Sedikit minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
2buah cabe merah keriting
¼ bh terasi udang

Cara membuat :
1.    Potong ujung atas dan ujung bawah. Bekas potong digosok-gosok untuk membuang getahnya. Kemudian cuci bersih dan potong- potong agak besar dari batang korek api. Rendam dalam air mineral.
2.    Tumis bumbu halus, setelah harum masukkan lengkuas dan daun salam
3.    Masukkan labu siam, aduk sampai layu kemudian beri air mineral
4.    Setelah mendidih, beri susu cair low fat, aduk perlahan
5.    Tambahkan gula dan garam sesuai selera, aduk perlahan
6.    Tunggu sampai labu siam agak empuk, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar