Menjaga Kebersihan Alat Masak


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwWr4Vy9x2WkBEp_wHgpY3qJPjjE_x5KiOkXXs4FfHIC6wBWk8tG5mEwKfETphwXNxFll-0npvICEnQyIKXthcNOwL-Vb69WCai6ytM3AueCzOjA4mO_llomIRTFCIhlcTxNifCMkf3Zw/s1600/pria_dan_piring_kotor.jpgSalah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan makanan yang kita sajikan higienis dan sehat adalah kebersihan peralatan memasak dan peralatan makan. Sebaiknya kita menghindari kebiasaan buruk menumpuk terlalu lama peralatan masakyang sudah dipakai dalam tempat cuci piring.


Cuci segera peralatan makan dengan air mengalir dan sabun. Jangan lupa juga menjaga kebersihan aliran air di dapur. Pasanglah filter air jika perlu. Hal ini penting dilakukan untuk memperlancar proses memasak. Tanpa adanya air yang bersih, hasil makanan dapat tercemar bakteri yang merugikan.

Khusus untuk mencuci alat-alat yang habis dipakai mengolah daging, unggas, atau ikan, gunakan air panas. Selain bakterinya mati, noda dan bau tidak sedap atau  amis juga akan hilang.

Membersihkan peralatan makan dengan cara merebusnya sampai mendidih tidak  perlu Anda lakukan. Beberapa penelitian mengatakan bahan kimia beracun, seperti bisphenol-A di dalam alat-alat masak/makan plastik, dapat berpindah ke minuman atau makanan akibat pemanasan. Setelah selesai mencuci, bersihkan spon untuk mencuci dengan cara meremas atau menguceknya di dalam air yang banyak, kemudian bilas hingga bersih.

Sebagai saran tambahan yang tidak kalah penting adalah memilih talenan atau tatakan untuk memotong bahan makanan mentah sebelum dimasak. Ada talenan yang terbuat dari kayu ada pula yang terbuat dari non-kayu seperti dari plastik kualitas baik. Menurut John Oxford, peneliti dari Universitas London, sebuah talenan kayu dapat menyimpan ribuan bakteri penyebab penyakit. Sisa potongan makanan yang mengendap dapat membuat koloni bakteri baru dan mengendap di kayu. Bakteri tersebut akan menempel di setiap bahan makanan yang kita potong. Oleh sebab itu lebih baik Anda menggunakan talenan dari plastik kualitas baik.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan talenan adalah belilah beberapa talenan dengan penggunaan yang berbeda untuk masing-masing talenan. Misalnya untuk mengiris daging mentah gunakan talenan yang berbeda dengan talenan yang digunakan untuk memotong makanan yang sudah jadi. Hal ini untuk mencegah bercampurnya rasa dan aroma pada makanan. Setelah selesai menggunakannya, segera dibersihkan dan diangin-anginkan sebelum disimpan di rak piring atau laci. Dan jika permukaannya sudah tidak rata atau berjamur, segera menggantinya dengan yang baru. 

Sumber gambar: www.adeputracom.blogspot.com 

2 komentar:

  1. Halo Admin http://menu-sehat-hemat.blogspot.com

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://menu-sehat-hemat.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://menu-sehat-hemat.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur.

    Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    BalasHapus
  2. Anda mencari Peralatan stainless dapur ?

    kunjungi web kami untuk menemukannya
    Banyak model dan tipe sesuai kebutuhan

    BalasHapus