What We Can Cook: Emergency Food


Saya selalu mengawasi ketersediaan telur di dalam kulkas. Selain itu bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jeruk nipis juga saya beli rutin sebagai pengisi kulkas. Hal ini saya anggap penting karena tidak setiap hari saya berbelanja kebutuhan dapur.

Dalam keluarga saya, ada istilah tersendiri tentang mengolah makanan yang bahannya hanya dari isi kulkas. Kami memberi nama jenis masakan ini Emergency Food.

Bagi saya, ada waktu tertentu tidak bersemangat untuk berbelanja. Biasanya jika ada telur di dalam kulkas, saya mengambil alternatif memasak Emergency Food dengan membuat telur dadar atau telur mata sapi sebagai lauk teman nasi.

Namun terlalu sering membuat menu yang sama, lama kelamaan bosan juga. Selain itu memasak berbahan dasar telur meskipun cukup bergizi, tetapi kurang serat. Oleh sebab itu saya akan menambahkan sayuran dalam masakan Emergency Food kali ini. Sayuran yang  saya pilih adalah Horenso atau biasa disebut Bayam Jepang.

Alasan saya memlih jenis sayuran ini karena harga satu ikat besar Bayam Jepang (gbr.1) hanya Rp.8500,-. Harganya cukup murah dan dapat digunakan untuk 2 kali masak. Selain itu kelebihan Bayam Jepang adalah mengandung serat dan zat besi yang cukup tinggi.

Mari kita simak cara membuatnya.

Bahan :

1/2 ikat Horenso
2 butir telur ukuran sedang
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir (relatif)
Merica secukupnya
200 ml air mineral
1/2 sdm minyak goreng

Cara Membuatnya :
1.        Potong-potong daun Horenso beserta batangnya sekitar 5 cm
2.        Siapkan 2 butir telur ukuran sedang
3.        Tempatkan Horenso yang sudah dipotong-potong dalam wadah dan cuci bersih dengan air yang mengalir
4.        Sisihkan sebagian sayuran untuk dimasak di waktu berikutnya, masukkan dalam kantong plastik
5.        Masukkan kantong plastik berisi sayuran dalam wadah kedap udara untuk menjaga sayuran tetap segar dan gizinya tidak hilang
6.        Siapkan wajan, beri minyak goreng. Tunggu sampai panas
7.        Sementara itu siapkan telur dalam mangkuk. Kocok dengan garpu sampai merata. Beri sedikit garam.
8.        Buatlah telur dadar seperti biasa.
9.        Tunggu sampai telur dadar harum dan matang. Potong dalam wajan menjadi 4 bagian. Beri air mineral. Aduk perlahan.
10.     Tambahkan gula, merica dan garam, aduk perlahan.
11.     Masukkan Horenso. Aduk perlahan.
12.     Tunggu sampai sayuran layu dan air mendidih.
13.   Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar