Makanan Rendah Kalori


Sebelum mengetahui tentang makanan rendah kalori, ada baiknya jika Anda mengenal tentang apa itu kalori. Kalori adalah satuan ukuran makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Semakin rendah nilai satuannya, maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Berlaku sebaliknya yaitu semakin tinggi nilai satuan kalori dalam satu jenis makanan maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang diet penambahan berat badan.

Secara garis besar ukuran 40 kalori tergolong rendah, 100 kalori tergolong sedang dan 400 kalori tergolong tinggi.

Sedangkan makanan rendah kalori adalah makanan gizi seimbang yang biasa Anda kenal dengan sebutan makanan Empat Sehat Lima Sempurna. Sekarang istilahnya sudah diperbaharui  menjadi  Pedoman Umum Gizi Seimbang(PGUS).  

Pedoman Umum Gizi Seimbang mempunyai 4 prinsip, antara lain :
1.    Variasi Makanan
2.    Pentingnya pola hidup bersih
3.    Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
4.    Memantau berat badan ideal

Untuk mempermudah mempelajari PGUS, dikenal  piramida makanan. 

Setiap negara memiliki piramida makanan yang berbeda sesuai dengan budaya dan tempat tinggalnya.  (Tampilkan foto piramida makanan)



Amatilah variasi jenis makanan dibawah ini berdasarkan kandungan kalorinya. 

Karbohidrat :
-      Beras giling : 360 kalori
-      Kentang : 83 kalori
-      Jagung : 307 kalori
-      Singkong : 146 kalori
Protein :
-      Tempe : 149 kalori
-      Ayam : 302 kalori
-      Daging kambing : 154 kalori
-      Daging sapi : 207 kalori
-      Telur ayam : 162 kalori
-      Susu sapi : 61 kalori
-      Telur Bebek : 189 kalori
-      Udang segar : 91 kalori
-      Ikan segar : 113 kalori
-      Tahu : 68 kalori
Serat dan mineral :
-      Kacang panjang : 44 kalori
-      Kol : 24 kalori
-      Tomat : 20 kalori
-      Wortel : 40 kalori
-      Daun pepaya : 79 kalori
-      Kangkung : 29 kalori
-      Daun melinjo : 99 kalori
-      Bayam : 36 kalori
-      Gula pasir : 364 kalori

Dalam daftar tersebut terdapat kandungan kalori dibawah 40 (rendah), diatas 100 (sedang) dan hampir 400 (cukup tinggi). Untuk menjaga kesehatan, batasilah mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Untuk Anda yang ingin memiliki tubuh ideal, sebaiknya mulai berdiet dengan berpedoman pada PGUS. Namun untuk detilnya, agar Anda tidak kekurangan gizi saat berdiet, sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu cara diet yang cocok untuk Anda karena kebutuhan gizi setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

4 komentar:

  1. Terima kasih, tulisan anda sangat menarik untuk dibaca.
    saya juga memiliki referensi mengenai kalori
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1146/1/50407236.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal dimaz,
      Terima kasih juga ya karena telah mampir di blog saya.
      Saya akan coba buka linknya.

      sering-seringlah mampir kesini, Dimaz... :-D

      Hapus
  2. Bu, itu ukuran kalorinya per berapa gram ya?

    BalasHapus
  3. infonya sip banget. Dengan mengenal PGUS pola hidup sehat akan tetap terjaga.

    Salam hidup sehat.

    BalasHapus